Mengapa Pernikahan yang Bahagia dan Dekat Dapat Menghalangi Kesehatan yang Baik

Lima puluh tahun bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa kualitas pernikahan Anda (atau hubungan seperti pernikahan) penting bagi kesehatan fisik Anda. Umumnya, orang yang mengalami kebahagiaan perkawinan menikmati kesehatan yang lebih baik dan hidup lebih lama daripada mereka yang menikah dengan menyedihkan1, dan para peneliti telah lama mencari penjelasan yang mungkin. Kemiskinan adalah satu. Stres finansial mendatangkan malapetaka pada hubungan2dan status sosial ekonomi yang lebih rendah sering berarti akses yang lebih buruk ke perawatan medis, lebih sedikit pilihan makanan sehat, kondisi kerja yang lebih buruk, lingkungan yang kurang aman, dan tidur yang lebih buruk, untuk beberapa nama.3. Di luar faktor sosial dan ekonomi, pernikahan yang beracun memicu stres. Bertengkar dengan pasangan meningkatkan tekanan darah1 dan mengubah sistem kekebalan tubuh4 dengan cara yang, dalam jangka panjang, dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan mempercepat penuaan5.

Namun, jika Anda mengalami masa sulit dalam pernikahan Anda, jangan panik (jangan sampai Anda meningkatkan tekanan darah Anda lebih jauh). Sama seperti efek dari diet dan aktivitas fisik Anda sehari-hari, konsekuensi kesehatan yang lebih berat dari perselisihan perkawinan kemungkinan tidak akan segera terjadi.1. Makan hamburger berminyak saat Anda mengonsumsi sayuran berdaun hijau dan biji-bijian mentah tidak akan langsung menyumbat arteri Anda. Sebaliknya, pengulangan kronis dari pola yang tidak sehat selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan bertahun-tahunlah yang membuat perbedaan.

Tetapi ini juga menimbulkan pertanyaan: Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan Anda, akankah memulihkan pernikahan Anda ke fase bulan madu bermata bintang membawa Anda ke sana? Belum tentu. Penelitian menemukan bahwa hubungan yang dekat dan bahagia juga memiliki potensi jebakan.

Bagaimana? Dalam berbagi kehidupan bersama, suasana hati pasangan menjadi menular, dan rutinitas bertepatan6. Koneksi ini mungkin lebih kuat untuk pasangan yang lebih dekat dan bahagia, dan apa yang dibagikan tidak dijamin bermanfaat bagi kesehatan salah satu pasangan. Misalnya, dalam sebuah penelitian terhadap orang-orang dengan radang sendi lutut yang menyakitkan, pasangan tidur lebih buruk pada hari-hari ketika pasien mengalami lebih banyak rasa sakit — terlebih lagi pada pasangan yang menilai hubungan mereka sangat dekat.7. Dalam penelitian lain terhadap orang-orang dengan nyeri kronis dan pasangannya, istri yang menikah lebih bahagia merasa lebih tertekan ketika melihat suaminya menderita dibandingkan dengan istri dalam pernikahan yang kurang memuaskan.8.

Crossover ini tidak terbatas pada rasa sakit. Secara umum, pasangan yang menghabiskan lebih banyak waktu bersama cenderung memiliki tingkat aktivitas yang lebih mirip, misalnya9. Selain itu, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa pasangan yang lebih bahagia dalam hubungan mereka juga sering makan bersama dan tidur di ranjang yang sama10. Namun, pasangan ini tidak serta merta terlibat dalam lebih sehat rutinitas. Faktanya, penelitian lain menunjukkan bahwa pasangan yang lebih dekat dan bahagia memiliki tekanan darah, kadar glukosa darah, dan metabolisme yang lebih mirip dibandingkan dengan pasangan yang kurang dekat dan kurang bahagia.11. Ini berlaku untuk pasangan yang sehat dan tidak sehat.

Terlebih lagi, kebiasaan tidak sehat mungkin lebih sulit dihilangkan ketika kedua pasangan memanjakan diri. Satu studi terkenal12 meminta pasangan—salah satu atau keduanya merokok dan menderita penyakit paru-paru atau jantung—untuk membicarakan masalah perkawinan yang sulit dan kemudian melanjutkan percakapan sambil merokok. Saat kedua pasangan merokok, menyalakan lampu tidak hanya meningkatkan suasana hati mereka12tetapi juga membuat pasangan merasa lebih sinkron13. Hal sebaliknya terjadi ketika hanya salah satu pasangan yang merokok: Mereka merasa lebih buruk, dan lebih banyak lagi keluar dari sinkronisasi. Dengan kata lain, tidak hanya merokok bersama meningkatkan kenikmatan mereka secara keseluruhan, tetapi juga membuat pasangan lebih dekat secara emosional. Ikatan semacam ini dapat membuat merokok lebih bermanfaat, dan lebih sulit untuk berhenti.

Pola yang sama mungkin berlaku untuk perilaku kesehatan lainnya—tingkat aktivitas, kebersihan tidur, dan pilihan makanan. Misalnya, dalam satu studi14indeks massa tubuh tertinggi di antara wanita pada pasangan yang pemakan emosional, tetapi hanya ketika pasangan itu juga menganggap diri mereka sebagai satu kesatuan (yaitu, ‘kita’, sebagai lawan dari ‘Anda dan saya’) dalam hal rutinitas kesehatan mereka. Bahkan di antara para pemakan emosional, massa tubuh wanita jauh lebih rendah jika pasangan itu tidak memikirkan diri mereka sendiri secara dekat. Anda membacanya dengan benar, nona: Efeknya khusus untuk wanita.

Cara Melindungi Kesehatan Anda

Apa yang bisa dilakukan untuk lolos dari tangkapan ke-22 ini? Ada beberapa pilihan. Seperti kata pepatah lama, mengetahui adalah setengah dari pertempuran. Dengan kesadaran bahwa stres dan penderitaan orang yang dicintai dapat memengaruhi kesehatan kita (dan, juga, bahwa stres kita memengaruhi kesehatan mereka), kita dapat lebih proaktif dalam melindungi kesejahteraan semua orang yang terlibat. Mungkin pasangan Anda merusak suasana hati setelah hari yang buruk di tempat kerja? Pertama, Anda harus tahu itu memberi dukungan kepada orang lain baik untuk kesehatan Anda sendiri. Satu percobaan15 menemukan bahwa orang yang secara acak ditugaskan untuk melakukan kebaikan, tindakan suportif untuk orang lain memiliki fungsi kekebalan yang lebih baik pada akhir penelitian dibandingkan dengan mereka yang ditugaskan untuk melakukan hal-hal baik untuk diri mereka sendiri. Lebih banyak bukti bahwa seringkali lebih baik memberi daripada menerima.

Juga, periksa diri Anda sendiri. Merasa tegang atau cemas setelah mendengar pertengkaran pasangan Anda dengan bosnya? Cobalah latihan kesadaran16. Atau jalan-jalan santai bersama pasangan. Satu studi17 menemukan bahwa pasangan merasa lebih bahagia dalam hubungan pada hari-hari ketika mereka berolahraga bersama; temuan ini terlepas dari manfaat berolahraga saja. Memanfaatkan efek positif dari penularan dapat meningkatkan suasana hati, kesehatan, dan hubungan Anda. Ingat: Setiap hari membawa kesempatan baru untuk memulai (atau melanjutkan) rutinitas yang sehat.

Gambar Facebook: Studio Romantic/Shutterstock