Cara Menjaga Kesehatan Mental, Jasmani, dan Rohani

Cara Menjaga Kesehatan Mental, Jasmani, dan Rohani : Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan dapat berupa upaya penaggulangan dan pencegahan.

Menurut WHO (World Health Organization) Kesehatan adalah suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan.

Hidup sehat tidak cukup sehat secara fisik saja. Sebab, kesehatan rohani menjadi kunci pembentuk sehat tidaknya seseorang. Kesehatan Jasmani yaitu jika koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal.

Sementara Kesehatan Rohani merupakan kesehatan jiwa manusia atau makhluk hidup yang memiliki akal dan pikiran, apabila seorang tersebut memiliki koordinasi pikiran dan hati yang tenang sekaligus nyaman.

Jadi apakah kesehatan rohani itu penting? Tentu penting. Jadi, kita perlu menyeimbangkan antara kesehatan jasmani dan rohani.

Menjaga kesehatan mental agar tetap seimbang dapat membantu kualitas hidup menjadi lebih baik, lho! Terlebih dalam keadaan seperti saat ini, Realfoodfam tidak hanya wajib menjaga kesehatan jasmani saja, melainkan juga kesehatan mental dan rohani agar dapat tetap hidup dengan seimbang.

Lalu, apa itu kesehatan mental, jasmani, dan rohani? Berikut penjelasan lengkap mengenai pengertian sehat secara jasmani, rohani, dan juga mental, serta cara menjaganya agar hidup tetap seimbang.

Apa Itu Sehat Jasmani?

Dikutip dari UC Davis Student Health and Counseling Services, sehat secara jasmani adalah upaya meningkatkan perawatan tubuh kita untuk kesehatan dan fungsi yang optimal melalui aktivitas fisik, kebutuhan nutrisi tubuh, dan kesehatan mental agar tubuh tetap prima.

WHO merekomendasikan untuk:

  1. Anak-anak usia 5-17 tahun untuk melakukan olahraga yang dapat  memperkuat otot dan tulang selama 60 menit setiap hari, seperti lari pagi, bersepeda, ataupun berenang.
  2. Dewasa usia 18–64 tahun melakukan olahraga minimal 150 menit selama seminggu. Untuk hasil yang maksimal, disarankan hingga 380 menit per minggu mencakup olahraga ringan hingga penguatan otot, seperti jogging hingga angkat beban.
  3. Lansia 65 tahun ke atas wajib melakukan olahraga minimal 150 menit selama seminggu. Untuk hasil yang maksimal, disarankan melakukan olahraga yang dapat melatih keseimbangan hingga 5 jam setiap minggu, contohnya adalah melatih untuk berdiri dengan satu kaki atau berjinjit sambil berpegangan pada bangku selama 10 menit setiap sesi.

Pengertian Mental yang Sehat

Kategori selanjutnya adalah sehat secara mental. Maksud dari pernyataan tersebut adalah kondisi sehat tidak hanya secara fisik atau jasmani saja melainkan juga tentang kejiwaan seseorang atau biasa disebut kesehatan mental

Sehat secara mental berarti seseorang sudah memiliki kemampuan untuk mengelola dirinya dalam berbagai hal. Misalnya saat seseorang mendapati sebuah masalah yang membutuhkan pengambilan keputusan tanpa terpengaruh emosi.

Salah satunya masalah yang sering dihadapi adalah stres. Permasalahan ini merupakan kondisi di mana seseorang mengalami tekanan secara emosi dan mental. Mereka akan mudah cemas, tersinggung, marah, hingga hilangnya motivasi.

Hal ini cenderung berpengaruh pada faktor psikologi. Bila berkepanjangan, maka bisa berdampak pada kesehatan.

Dilansir dari laman Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, beberapa gejala orang mengalami depresi:

  • Hilang motivasi.
  • Sering merasa sedih.
  • Khawatir berlebihan.
  • Tidak menikmati hidup.
  • Hilang percaya diri.
  • Sulit membuat keputusan.
  • Tidak peduli terhadap lingkungan.
  • Berpikir untuk bunuh diri.

Dampak kesehatan yang dirasakan:

  • Gangguan tidur.
  • Berbicara menjadi lebih lambat.
  • Adanya perubahan siklus menstruasi.
  • Turunnya libido.
  • Nafsu makan menurun drastis.
  • Sering merasa sakit atau nyeri di kepala.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Menurut studi dari University of Michigan University Health Service (UHS),  ada 10 hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental:

  1. Harga diri sendiri.
  2. Jaga kondisi tubuh dengan nutrisi yang cukup dan olahraga.
  3. Berada di lingkungan yang positif.
  4. Mau memberi atau menjadi sukarelawan.
  5. Belajar cara mengelola stres.
  6. Bermeditasi.
  7. Memiliki tujuan hidup.
  8. Lakukan hobi yang disukai.
  9. Hindari minum alkohol.
  10. Jangan ragu untuk meminta tolong.

Apa yang Dimaksud dengan Sehat Secara Rohani?

Dikutip dari Faculty and Staff Wellness, pengertian sehat secara rohani adalah cara untuk berdamai dengan pikiran sehingga mendapat keharmonisan dalam hidup. Cara melakukannya adalah dengan berdoa sesuai keyakinan atau mencoba melakukan yoga.  Cara ini juga bisa dilakukan untuk menemukan makna dan tujuan hidup melalui perenungan yang mendalam.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Jasmani, Rohani, dan Mental Tetap Seimbang?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, rutin berolahraga, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta minum air putih yang cukup sebagaimana yang dibutuhkan oleh tubuh anda yakni sekitar 2 liter per hari.

Air putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan kulit, menjaga tekanan darah, meningkatkan stamina, hingga menjaga kesehatan ginjal. Melakukan olahraga secara rutin juga mampu membantu menjaga kesehatan mental secara baik

Cara menciptakan rohani yg sehat :

  1. Kontrol diri. Maksudnya kita dituntut untuk mampu memanage diri sendiri,  baik itu berkaitan dengan aktivitas maupun hubungan dengan kejiwaan.
  2. Pikiran positif. Maksudnya kita dituntut untuk dapat menciptakan pikiran yg positif dalam setiap kesempatan.
  3.  Kebutuhan pokok.  Kebutuhan ini berkaitan dengan hubungan kita terhadap Tuhan,  ketenangan bathin dan ketentraman jiwa
  4. Hubungan sosial.  Untuk menjaga agar jiwa selalu sehat,  perlu memperhatikan hubungan dengan orang lain,  tidak melulu menciptakan situasi yang tidak baik dengan orang lain.
  5. Love yourself Yang terpenting adalah bagaimana kita mencintai diri sendiri, sehingga apa saja yg kita lakukan akan berdampak baik pada kesehatan rohani.

Cara menjaga kesehatan jasmani :

  1. Menjaga pola hidup sehat. Jasmani berkaitan dengan fisik, dengan menjaga pola hidup sehat maka kita dapat menciptakan kesehatan jasmani.
  2. Cukup asuoan nutrisi. Mencukupi asupan nutrisi, baik dari makan pokok,  karbohidrat, sayur,  buah dan sebagainya.
  3. Tidur yg cukup. Tidur yg cukup bukan berarti mengharuskan kita selalu tidur siang. Kebutuhan akan tidur tergantung dari bagaimana kebiasaan kamu, jangan paksakan diri apabila tubuh sudah meminta untuk beristirahat.
  4. Vitamin tambahan. Kamu bisa mencoba menyediakan vitamin tambahan apabila tubuh memang memerlukannya.
  5.  Berolahraga. Jangan lupa berolahraga, alias bergerak. Tidak harus benar-benar berolahraga, yang terpenting lakukan banyak kegiatan agar tubuh terasa fresh.

Itulah beberapa tips dari saya. Yang terpenting adalah bagaiamana kamu menyeimbangkan antara keduanya. Love yourself and keep healthty.