Panjang umur dan sehat selalu – The Happiness Connection

Apa yang Anda pikirkan ketika membaca judul berikut? “Kekuatan Cinta: Mengapa seorang pria berusia 96 tahun menjual rumahnya di Ontario dan pindah ke pedesaan Newfoundland.”

Jika Anda seperti saya, Anda mungkin melompat ke kesimpulan pria ini bertemu cinta baru di tahap akhir hidupnya. Tetapi ketika saya mengklik tautannya, saya menemukan bukan itu masalahnya.

Setelah kehilangan istrinya selama lebih dari 70 tahun, Charles Comrie memutuskan untuk pindah ke tempat yang mengingatkannya padanya. Mereka jatuh cinta pada Newfoundland dan Labrador dan mengunjunginya berkali-kali. Dia memutuskan pergolakan relokasi sepadan karena itu akan membantunya mengatasi kehilangannya.

Kisah ini luar biasa di banyak tingkatan. Bergerak adalah tantangan setiap saat, tetapi memutuskan untuk memulai petualangan baru pada tahap kehidupan yang begitu maju lebih dari sedikit tidak biasa. Comrie tidak memiliki keluarga yang tinggal di sana. Itu benar-benar lompatan iman.

Mungkin cerita ini menarik perhatian saya karena orang tua saya sama-sama berusia 90-an ketika mereka lulus tahun lalu. Saya pikir itu membuat saya lebih sadar akan orang-orang dalam kelompok usia ini dan cara mereka mendekati kehidupan.

Saya memiliki kesempatan besar untuk menonton nonagenarian ketika saya diundang untuk makan siang oleh ibu dari seorang teman. Gereja Marge juga mengundang saudara iparnya, Shirley Knaut. Sulit dipercaya bahwa Gereja akan berusia 95 dalam beberapa bulan, sementara Knaut bersiap untuk berusia 97 dalam beberapa minggu.

Wanita-wanita ini menunjukkan kepada saya seperti apa kehidupan saat Anda memasuki usia 90-an. Mereka terus tertawa terbahak-bahak dengan kecerdasan mereka yang tajam, humor yang luar biasa dan senyum yang siap sedia, belum lagi selera berpakaian mereka yang bagus.

Belum lama berselang, hidup di usia 90-an atau mencapai ulang tahun keseratus adalah kejadian langka. Tetapi orang-orang hidup lebih lama hari ini. Sensus 2021 menunjukkan rekor jumlah tertinggi orang Kanada berusia 100 tahun atau lebih.

Angka tersebut telah meningkat menjadi 9545 pada tahun 2021 dari 1.065 pada tahun 1971, dengan perempuan menyumbang hampir 81% dari centenarians dalam sensus terbaru. Lonjakan itu bukan hanya karena populasi Kanada telah tumbuh.

Pada tahun 1971, 4,9 orang dari setiap 100.000 berusia 100 tahun atau lebih. Pada tahun 2021, jumlah per 100.000 adalah 25,8. Itu peningkatan yang signifikan.

Jadi, apa rahasia umur panjang?

Tentu saja, susunan genetik memiliki peran penting. Begitu juga intervensi medis sebelumnya, terapi obat yang lebih baik, dan vaksinasi. Tetapi penelitian menunjukkan ada faktor gaya hidup yang juga mempengaruhi umur panjang Anda.

Menurut temuan dari studi longitudinal yang disebut 90+, ada faktor spesifik yang berkontribusi pada umur panjang.

• Makan dengan baik dan berolahraga secara teratur—Membuat pilihan yang sehat dapat membantu menjaga tubuh Anda bertahan lebih lama. Berolahraga setidaknya selama 15 menit sehari akan meningkatkan kesejahteraan fisik Anda, tetapi 45 menit aktivitas harian diperlukan untuk meningkatkan umur Anda. Tidak harus dengan intensitas tinggi. Pekerjaan jalan kaki dan pekarangan dihitung.

• Hindari merokok—Kami sudah lama mengetahui bahwa ini adalah salah satu kebiasaan terburuk yang dapat Anda miliki dalam hal hidup sehat. Jika Anda memilih untuk melakukannya, ketahuilah bahwa kemungkinan besar akan memengaruhi jumlah tahun Anda hidup.

• Jangan takut membawa sedikit beban ekstra—saya tidak berbicara tentang obesitas. Itu adalah kondisi yang datang dengan risiko kesehatannya sendiri. Tetapi penelitian menunjukkan lebih baik sedikit kelebihan berat badan daripada sedikit kurus jika Anda berusia di atas 50 tahun.

• Semuanya dalam jumlah sedang—Sedikit dari hampir semua hal tidak akan menyakiti Anda. Beberapa centenarian mengaitkan umur panjang mereka dengan makan satu atau dua kotak cokelat setiap hari atau menikmati makanan penutup secara teratur. Selama Anda tidak mengonsumsi apa pun secara berlebihan, Anda tidak akan membahayakan tubuh Anda.

• Minum kopi (tanpa, atau hanya dengan sedikit gula)—Gula harus dibatasi dalam diet Anda tetapi minum antara satu dan tiga cangkir kopi setiap hari, memprediksi umur yang lebih panjang.

• Minum alkohol—Minum hingga dua minuman beralkohol sehari juga memprediksi umur yang lebih panjang. Itu tidak berarti Anda harus menghemat alokasi Anda dan minum empat belas minuman di akhir pekan. Ini tentang moderasi bukan binging. Para ilmuwan tidak yakin apakah alkohol itu sendiri bermanfaat bagi Anda, atau apakah itu fakta bahwa orang sering minum dalam situasi sosial.

• Bersosialisasi—Lansia yang bersosialisasi setidaknya satu jam sehari, hidup lebih lama. Jadi, pertahankan pertemanan Anda yang sudah ada, dan undang orang baru ke dalam lingkaran Anda. Bergabunglah dengan klub dan terlibat dalam kegiatan rutin.

• Bermesraan—Keintiman juga merupakan indikator hidup lebih lama. Pertimbangkan untuk mencari pasangan baru jika Anda menemukan diri Anda sendiri. Romantis baik untuk Anda pada usia berapa pun.

• Jadilah pembelajar seumur hidup—Buat komitmen untuk tetap ingin tahu dan cukup berani untuk mencoba hal baru. Melakukan hobi baru atau mencoba aktivitas baru akan membantu menghilangkan karat dari otak Anda.

Meskipun fokus kolom ini adalah umur panjang, saran ini berlaku untuk siapa saja yang ingin meningkatkan tingkat kesejahteraan mereka dan, saya kira, itulah kebanyakan orang.

Lagi pula, apa lagi yang Anda inginkan selain bahagia?

Artikel ini ditulis oleh atau atas nama kolumnis outsourcing dan tidak mencerminkan pandangan Castanet.